PROGRAM KOSABANGSA: INSTIKI BANTU MASYARAKAT DALAM PENYEDIAAN SUMBER AIR IRIGASI DAN MITIGASI BENCANA LONGSOR DI BUKIT TERUNYAN

Desa Terunyan, yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, adalah salah satu desa yang memiliki warisan budaya yang sangat unik dan kaya, terkenal dengan tradisi penguburan khas yang berbeda dengan tradisi Hindu Bali pada umumnya. Secara ekonomis, masyarakat Terunyan menggantungkan hidupnya pada bidang pertanian hortikultura dan budi daya ikan di tepian danau Batur. Aktivitas pertanian dan budi daya ikan hanya dapat dilakukan pada 4 dusun  ditepian danau Batur, sedangkan 2 dusun yang berlokasi di bukit Terunyan, aktivitas pertanian dan perikanan sangat minimal karena keterbatasan sumber air irigasi.  Kehidupan masyarakat di 2(dua) dusun ini, yakni dusun Bunut dan Madya rentan secara ekonomi sebagai kantong kemiskinan yang sukup banyak, dan juga kawasan yang rentan longsor.  Namun demikian, Bukit Terunyan memiliki potensi wisata panorama keindahan alam yang mempesona dan luas lahan kering dan tidur mencapai lebih dari 100 hektar. Bukit Terunyan terkenal dengan keindahan alam serta kekayaan budaya yang memikat wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dengan lanskap pegunungan, danau, hutan, dan desa-desa tradisional yang memancarkan pesona khas Bali. 

Menyikapi pernasalahan kemiskinan dan ancaman bencana longsor di desa Terunyan, Instiki bersinergi dengan Undiksha menyelenggarakan program kosabangsa yang pendanannya dari DRTM Kemenristek untuk membantu masyarakat dalam mitigasi bencana longsor dan budi daya pertanian hortikultural berteknologi IoT, guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, ungkap I Gede Adnyana, dosen Instiki Denpasar yang mengkomandani program Kosabanga tahun 2024 di desa Terunyan.  Kegiatan awal yang dilakukan adalah mengangkat air danau ke Bukit Terunyan, dengan sistem bertingkat menggunakan pompa sumersible 4 HP, sejauh 850 meter. Air ditampung pada embung, selanjutnya digunakan untuk pengairan dengan sistem tetes cair dan springkle berbatuan IoT pada lahan garapan hortikultural. Di sisi yang lain, untuk penanganan peringatan dini akan bencana longsor, tim kosabangsa juga memasang 4(empat) unit sistem early warning system untuk memberikan peringatan dini kepada masyarakat akan bencana longor yang kerap terjadi di Bukit Terunyan saat musim hujan, imbuh Gede Arjana

 

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya  disampaikan kepada Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTM). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Universitas Pendidikan Ganesha, atas dukungan program dan  pendanaan dengan kontrak: 012/E5?PG.02.00/KOSABANGSA/2024, dalam membantu masyarakat mengembangkan budi daya pertanian hortikultural dan tanggan bencana longsor di desa Terunyan.

 

News & Events

PROGRAM KOSABANGSA: INSTIKI BANTU MASYARAKAT DALAM PENYEDIAAN SUMBER AIR IRIGASI DAN MITIGASI BENCANA LONGSOR DI BUKIT TERUNYAN

PKM Budi Daya Jamur Tiram dan Diversifikasi Produk Turunannya Pada Komunitas Kolok di Desa Bengkala Buleleng-Bali

DALAM RANGKA PROGRAM “PEMBERDAYAAN KELOMPOK MASYARAKAT MELALUI PROGRAM HEALTH CORAL WATCH DENGAN PEMANTAUAN PARAMETER LINGKUNGAN DALAM KONSERVASI KARANG BERBASIS IOT DI DESA KALIBUKBUK”

PKW UNDIKSHA KEMBANGKAN SISTEM TANI-TERNAK MULTILAYER BERBASIS IOT DI DESA SIDETAPA-BALI

TIM PPK ORMAWA HMJ FISIKA DAN PENGAJARAN IPA UNDIKSHA MEREVITALISASI SISTEM PERTANIAN BAWANG MERAH KELOMPOK TANI MERTA SARI DI DESA ABANGSONGAN MELALUI TRANFUSI TTG

Website Resmi Pasraman

PPPI (Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia) didirikan secara legal formal yaitu : 1) Akta Notaris No 13 Tanggal 03 Maret 2021, 2) Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No.AHU-0009535.AH.01.07. TAHUN 2021 (Tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia), 3) Tanda Daftar PPPI No. 1753/DJ.VI/BA.00/1/2022 dan NPWP 65.185.009.1-435.000 Website Resmi Pasraman.

Keanggotaan PPPI (Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia) bersifat Nasional yang terdiri dari Pasraman Hindu seluruh Indonesia yang terdaftar beserta Tenaga Pendidik (Acarya).

Anggota PPPI dapat berasal dari berbagai profesi seperti Seniman, Mahasiswa, Dosen, Guru Agama Hindu yang terdaftar dalam Pasraman Hindu dan juga para Pendidik (Acarya) Pasraman Hindu.

Yang dapat menjadi anggota PPPI (Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia) adalah sebagai berikut:

1. Para Pendidik Keagamaan Hindu di Pasraman formal dan non-formal serta tenaga Kependidikan.

2. Para ahli yang menjalankan pekerjaan Pendidikan Keagamaan Hindu.

3. Mereka yang menjabat pekerjaan di bidang Pendidikan Keagamaan Hindu.

4. Pensiunan sebagaimana dimkasud pada butir (a), (b), (c) yang tidak menyatakan dirinya keluar dari keanggotaan.

5. Para petugas lain yang erat kaitannya dengan tugas Pendidikan formal maupun non-formal.

6. Mereka yang berijazah Pendidikan Agama Hindu serta umum tetapi wajib beragama Hindu yang tidak bekerja di Bidang Pendidikan Agama Hindu.

IDENTITAS PPPI

1. PPPI (Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia).

2. Anggota berasal dari Pasraman Hindu formal dan non-formal yang sudah terdaftar dalam PPPI.

3. Anggota PPPI memberikan kontribusi untuk meningkatkan eksistensi Pasraman, mengembangkan pengetahuan dan keilmuan berlandaskan ajaran agama Hindu.

4. Anggota PPPI diberikan kartu anggota (e-card) sebagai tanda bukti keanggotaan

5. PPPI memiliki logo dan motto sebagai identitas Organisasi

6. PPPI didirikan di Indonesia pada tanggal 03 Maret 2021.

VISI

Membangun Insan Pendidik beserta Tenaga Kependidikan yang cerdas, cakap, terampil, rukun, profesional dan sejahtera serta tanggap pada perkembangan Ilmu dan Teknologi berlandaskan ajaran Agama Hindu.

MISI

1. Meningkatkan pemahaman bidang keilmuan berlandaskan ajaran Agama Hindu.

2. Melaksanakan Bidang keilmuan demi kemajuan pasraman baik formal maupun non-formal  

3. Melaksanakan kegiatan pembinaan Pasraman baik formal maupun non-formal sesuai tugas pokok dan fungsi.

4. Meningkatkan kerukunan antar Pendidik Pasraman formal dan non-formal melalui kegiatan simakrama.

5. Meningkatkan profesionalisme kerja dalam menjalankan Tugas pokok dan fungsi.

6. Meningkatkan kwalitas dan mutu pendidikan kepada para Peserta Didik (Sisya) dari semua jenis dan tingkatan.

7. Meningkatkan Kompetensi Pendidik (Acarya) melalui kegiatan seminar, workshop dan diklat, baik yang dilaksanakan secara internal (dalam) maupun eksternal (luar) dan/atau pihak Pemerintah maupun swasta.

8. Meningkatkan kecerdasan serta kepekaan dan/atau tanggap dalam menghadapi tantangan Global dalam revolusi industry 4.0 dan society 5.0 berlandaskan pada Ilmu dan Teknologi yang berkembang.

TUJUAN

1. Mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Berperan aktif dalam mewujudkan tujuan nasional pendidikan yaitu mencerdaskan generasi bangsa dan membentuk Sumber Daya Manusia Indonesia seutuhnya yang beririsan dengan tujuan Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu Kementrian Agama Republik Indonesia yaitu untuk membentuk Generasi Emas Hindu (2045).

3. Menjaga, memelihara, memperjuangkan serta meningkatkan harkat dan martabat Pendidik serta tenaga kependidikan Pasraman formal dan non-formal dalam berbagai bidang baik Pendidikan Hindu, budaya, sosial, lingkungan dan keilmuan.

4. Meningkatkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab sebagai Pendidik Pasraman baik formal dan non-formal.

5. Menumbuhkan semangat Pendidik Pasraman untuk meningkatkan kompetensi profesinya sebagai Pendidik serta Tenaga Kependidikan di Pasraman sebagai Tenaga Administrasi yang Profesional di bidangnya.

6. Membantu Pendidik Pasraman formal dan non formal untuk memperoleh layanan informasi kegiatan pelaksanaan pendidikan serta pengembangan karir.

7. Meningkatkan intensitas komunikasi dan tukar informasi di antara Pendidik serta Tenaga Kependidikan Pasraman formal dan non formal se-Indonesia.

8. Membantu Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu untuk mensosialisasikan dan/atau mengaplikasikan seluruh kebijakan-kebijakan atau program kerja terkait dengan Pendidikan keagamaan Hindu pada Pasraman formal dan non-formal.

9. Mengembangkan ranah wawasan keilmuan serta inovasi dalam pembelajaran Pendidikan Pasraman dalam revolusi industry 4.0 dan society 5.0.

10. Memfasilitasi komunikasi dengan pihak terkait dalam hal solusi terhadap permasalahan data melalui system baik secara online maupun offline yang ada kaitannya dalam manajemen Pendidikan di Pasraman Hindu secara personal Pendidik dan Tenaga Kependidikannya serta Kelembagaan.

Iuran anggota per tahun dapat ditransfer melalui Rek ......... No. .................  atas nama Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia (PPPI)

Pendaftaran anggota dapat dilakukan dengan mengisi formulir di link website ini Website Resmi Pasraman.